Interaction
Design yang sering di
singkat menjadi IxD ini merupakan salah satu dari disiplin ilmu dari UX yang
berhubungan erat dengan HCI (Human
Computer Interaction) di mana kita mempelajari hubungan antara
user, tujuannya, task, pengalaman, kebutuhan dan apa yang user inginkan. Dimana
dalam hal ini kita melakukan pendekatan design dengan berpusat kepada
perspektif user sementara tetap berusaha untuk menyeimbangkan kebutuhan dari
sang user dengan business goals
dan kemampuan teknologi yang ada.
Interactive
Environment
Interactive
Environment adalah antar muka berbasis teknologi yang bereaksi dan merespon
input pengguna. Interactive
Environment adalah istilah yang luas digunakan untuk mengkategorikan bentuk
media berbasis komputer yang menginstruksikan, berkomunikasi, dan menghibur
sebagai akibat dari tindakan pengguna. Interactive
Environment dapat mengambil bentuk website dengan video tertanam, animasi, dan
simulasi atau dapat digunakan untuk mendefinisikan antarmuka pelatihan dengan
mekanisme media interaktif yang dioperasikan dan dikendalikan oleh pengguna.
Media Installations
dalam
Media Installations anda akan merancang, mengembangkan, menginstal,menguji, dan
mendokumentasikan perangkat lunak aplikasi besar , termasuk database, server,
integrasi, klien, dan komponen web.
Anda
akan berkontribusi pada desain dan pengiriman komponen solusi arsitektur
teknis. Posisi
ini akan mencakup rotasi pekerjaan memberikan Anda pengalaman yang lebih luas. Tujuannya
adalah bahwa Anda akhirnya akan tumbuh dari menjadi Application Designer untuk
seorang arsitek Aplikasi.
Application Design
application
design didalamnya akan merancang, mengembangkan, menginstal, menguji, dan
mendokumentasikan perangkat lunak aplikasi dasar, termasuk database, server,
integrasi, klien, dan komponen web.Aplikasi Desainer berkontribusi pada desain
dan pengiriman komponen solusi arsitektur teknis.
Interface Design
interface
design atau Design interface adalah tampilan yang menarik. Seorang pengguna,
apalagi pengguna baru, biasanya tertarik untuk mencoba sebuah program aplikasi
dengan terlebih dahulu tertarik pada suatu tampilan yang ada di hadapan
matanya, yang meliputi pemilihan font, skema warna, elemen grafis, button, dll.
Navigation Design
navigation
design adalah model konseptual tentang bagaimana informasi yang terstruktur dan
terorganisir, dan bagaimana pengguna akan mendapatkan semua itu. Kategori,
subkategori dan hubungan antara mereka.
Ivention Design
ivention
design yaitu sebuah ide, konsep atau desain untuk sebuah device baru atau yang
telah ditinggalkan. Seorang iventor harus mempunyai banyak ide untuk produk
baru atau peningkatan terhadap proses yang ada.
Skenario Design
skenario
design Adalah deskripsi dari interaksi seseorang dengan sistem. Skenario
mungkin berkaitan dengan 'kasus penggunaan', yang menggambarkan interaksi di
tingkat teknis.
Design Simulation
design
simulation yaitu untuk membantu produsen memverifikasi dan
memvalidasi fungsi dimaksudkan
dari produk yang
sedang dikembangkan. beberapa
pendekatan simulasi desain
telah menjadi komponen standar pengembangan produk di banyak industri.
Sound Design
sound
design yaitu Sound berarti audio atau suara; Design berarti membuat atau
desain. Jadi jika kita gabungkan arti kedua kata tersebut maka berarti
membuat/mendesain suara. Pada dasarnya dari arti kata Sound Design aja, kita
sudah bisa menebak-nebak apa tugas seorang Sound Designer yaitu membuat atau
mendesain suara.
Usability Engineering
usability
engineering adalah proses berulang untuk meningkatkan usability sistem.
Menurut ISO,
usability adalah sejauh mana sebuah produk dapat digunakan berdasarkan pengguna
spesifik untuk mencapai tujuan khusus dengan efektif, efisien dan kepuasan
dalam konteks penggunaan yang telah di spesifikasikan.
Tiga
pengukuran atribut usability yang didefinisikan oleh ISO adalah
¨ Efektif : akurasi dan kelengkapan dari tujuan khusus
yang dicapai oleh user
¨ Efisien : sumber daya yang dikeluarkan untuk akurasi
dan kelengkapan dari tujuan khusus yang dicapai user
¨ Kepuasan : kebebasan dari ketidaknyamanan, dan
perilaku positif setelah menggunakan produk
Menurut Nielsen (1993) Usability dalam konteks adalah semua
sistem yang dapat
diterima.
diterima.
Design Controls
Controls Yaitu penerapan dari sebuah metodologi formal
untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan produk.
Ubiquitous Computing
ubiquitous
computing dapat didefinisikan sebagai penggunaan komputer yang tersebar di mana
user berada. Sejumlah komputer disatukan dalam suatu lingkungan dan tersedia
bagi setiap orang yang berada di lokasi tersebut. Setiap komputer dapat
melakukan pekerjaan yang dipersiapkan untuk tidak banyak melibatkan intervensi
manusia atau bahkan tanpa harus mendeteksi di mana pemakai berada.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar