Sabtu, 16 Januari 2016

Tentang Angry Birds

Siapa sih yang tidak mengenal game Angry Birds? Hampir semua pengguna smartphone dan tablet pernah memainkan game yang ringan tapi bikin candu ini. Menurut data, Angry Birds sudah di unduh kurang lebih sebanyak sebanyak 250 juta kali.

Sama seperti pengembang game lainnya, Rovio Mobile menciptakan Angry Birds penuh dengan perjuangan hingga mencapai kesuksesan seperti sekarang.

Dahulu Rovio didirikan pada tahun 2003, namun saat itu namanya adalah Rulude, baru setelah 2 tahun berdiri mereka mengubah nama menjadi Rovio, seperti yang dikenal saat ini. Rovio di bangun oleh 3 orang mahasiswa yaitu, Kim Dikert, Niked Had, dan Jarno Vakevainen.
perkembangan Angry Birds di mulai pada maret 2009. Setelah pencipta sukses dari tim pengembang Rovio, mereka merilis game tersebut pada bulan Desember 2009 dan selanjutnya adalah sejarah.

Angry Birds menjadi aplikasi permainan di Finlandia nomor satu. Lalu game ‘Burung Merah’ ini melanjutkan ekspansinya ke Amerika Serikat(AS) dan inggris dimana apple adalah kunci untuk membuat semuanya terjadi. Rovio ingin mengikuti kebijaksanaan lama: “Game ini harus mudah dimainkan, tapi sulit untuk dikuasai” dan itu adalah apa yang mereka buat.
Game Angry Birds dibuat dengan konsep awal “Menggunakan satu jari tapi hasilnya random”.

Menguasai itu bukanlah tugas yang mudah meskipun mencetak 3 bintang di setiap tingkatan, menemukan semua telur emas, memukul struktur tepat . Angry Birds pun cepat berubah dari game “sederhana dan mudah” menjadi game sangat menantang dan kadang-kadang bahkan membuat frustasi.

Game yang diminati berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa ini memiliki keunikan tersendiri yaitu menggunakan karakter binatang dan kalo di lihat lihat pada game ini burung merupakan unggas yang bertelur makannya di dalam permainan ini burung dan telur di gunakan sebagai karakter pada Game angry birds.

Mengapa game Angry Birds bisa sedemikian menggiurkan, bahkan sampai membuat kecanduan? Dr. Michael Chorost Ph.D memiliki penjelasan ilmiahnya. Menurutnya, angry birds adalah sebuah mahakarya adiktif karena sifatnya yang simple (mudah di pelajari), realistis, menghibur, dan memberi imbal baik. Angry Birds mampu memanipulasi sistem dopamin di otak manusia yang bereaksi saat seseorang melakukan tindakan sambil mengharapkan imbalan/hadiah. Momen ini dialami pengguna game Angry Birds setelah menerbangkan burung. Imbalan baliknya berupa kayu yang hancur, babi yang meledak, dan teriakan burung-burung Chorost menyebutkan aksi penghancuran ini sebagai “kenikmatan primitif” inilah yang merangsang sistem dopamin otak bekerja sekaligus menimbulkan rasa penasaran ketagihan.

Lalu adakah obat utuk mengatasi kecanduan memainkan game Angry Birds? Sayang sekali jawabannya belum ada. Namun untuk menghentikan kegilaan pada game ini, sebanyak 12% gamer memutuskan untuk menghapus game tersebut, demi mencegah agar mereka tidak memainkannya lagi.

Game Angry Birds ini di desain oleh desainer game yang awal mulanya dari sebuah gambar burung, burung yang merupakan unggas yang bertelur maka di dalam game Angry Birds ini menggunakan karakter telur dan burung. Mengapa menggunakan babi sebagai musuhnya? Seperti yang kita tau babi merupakan binatang yang jahat dan licik, babi dalam permainan ini mengambil telur milik burung, dan burung mengetahui bahwa telurnya di ambil oleh babi makannya burung menyerang babi dan menggap babi sebagai musuh yang harus di hancurkan. Dan di permainan ini desainer game menggunakan objek kayu, batu, es dan lainnya untuk membuat bangunan agar babi dapat terlindungi, bangunan setiap levelnya akan semakin kokoh dan sulit untuk di hancurkan. Dalam game Angry Birds ini desainer memilih ketapel kayu karena ketapel kayu dapat mengukur seberapa kencengkah karakter burung itu dapat terbang dan dapat mengarahkan kemanakah burung akan meluncur. Tampilan score dalam game ini di tampilkan menggunakan bintang sebab bintang itu merupakan ukuran suatu nilai, dan untuk nilai yang memuaskan gamer harus mendapatkan 3 bintang.

Dalam game ini terdapat macam-macam karakter dan kekuatan sesuai masung-masing karakter. Ada beberapa tipe burung yang dapat digunakan dalam permainan ini. Di level awal, ada burung yang bisa digunakan yaitu burung berwarna merah. Burung ini meski di anggap lemah tapi sering di anggap sebagai pemimpin dan maskot game ini.
Dalam permaninan burung ini hanya efektif pada kayu dan sedikit pada kaca dan salju.


Julukan         : default Bird, Main Bird, Cardinal Bird
kekuatan        : Normal
Ukuran          : kecil

Rahasia         : tekan layar saat terbang untuk mengluarkan                       suara caw caw.

Kedua, burung berwarna biru ini muncul pada tema1-10. Burung ini memiliki keunikan yaitu bisa membelah diri menjadi 3. Tipe ini lebih efektif dibandingkan burung merah meskipun kekuatannya lebih kecil.



Julukan         : Triple Bird, Glass Jaw
Kekuatan        : Sangat lemah-membelah diri
Ukuran          : Sangat kecil

Rahasia         : tekan layar saat terbang untuk membelah diri
                  menjadi 3 burung,ampuh menghancurkan kaca.

Yang ketiga adalah burung kuning. Burung ini hadir pada tema 1. Bentuk burung ini segitiga, sering disebut juga bentuk burung paling aerodinamis meski diakui jika yang paling aerodinamis itu bulat.

Julukan         : Speedy Bird, Maching Bird, dan Dasher Bird
kekuatan        : normal-cepat
Ukuran          : Sedang

Rahasia         : tekan layar saat terbang untuk ngebut jalan
                  lurus,ampuh menghancurkan kayu.

Keempat burung hitam. Dibandingkan semua burung yang ada, inilah burung yang paling kuat menghancurkan struktur bangunan, bahkan batu. Kekuatan masih ditambah dengan kekuatan meledakkan diri dengan efek radius dekat dan getaran.

Julukan         : Kamikaze Bird, Suicide Bird, Bomb Bird
Kekuatan        : Kuat-meledak
Ukuran          : Besar

Rahasia         : tekan layar saat terbang untuk meledakkan

Yang ke -5 adalah burung putih. Berbeda dengan burung hitam, burung ternyata sangat lemah jika digunakan untuk menabrak struktur. Kekuatan hampir sama dengan burung merah, tetapi kekuatan utamanya terletak pada bom yang dijatuhkan.



Julukan         : Egg beater, Flying Chicken, Angry Bomber
Kekuatan        : sangat lemah-boom
Ukuran          : Besar

Rahasia         : tekan layar saat terbang untuk menjatuhkan bom

Yang ke-6 burung yang paling unik dalam cara terbangnya. Awal peluncurannya burung hijau ini akan meluncur dengan paruh tertutup secara pelan, namun setelah diklik paruh terbuka maka terbangnya semakin cepat. Efektifnya pada balok dan kayu meski tidak terlalu pada batu


Julukan         : Boomerang Bird, Para peak, back stabler
Kekuatan        : Normal-berputar
Ukuran          : Sedang

Rahasia         : tekan layar saat terbang agar kembali

Ketujuh, burung merah berukuran besar ini merupakan saudara dari burung merah(lihat no 1). Burung ini memiliki keunggulan besar dari badannya. kekuatan penghancurnya lebih besar dari burng hitam. Pertama kali diperkenalkan pada theme 9-1. Burung ini memiliki kelemahan jika diadukan dengan balok yang bersebelahan.


Julukan         : Big Brother Bird, Very Angry Bird
Kekuatan        : Sangat kuat-normal
Ukuran          : Sangat Besar

Rahasia         : tekan layar untuk mengeluarkan suara caw caw

Ke-8 ini yang paling ditunggu tunggu. Untuk level yang belum usai burung ini akan muncul tiap 60 menit. tapi untuk level yang sudah bisa digunakan kapan saja. Burung ini jika dimainkan, tidak akan ada bintang atau skor.Gantinya level kehancuran yang ditimbulkan (skala 10100%). Pengganti tiga bintanguntik penggunaan mighty eagle adalah bulu burung dengan arti total destruction untuk skala 1-100%. Meski besar dan kuat, tetapi burung ini tidak ramah. Saat 7 burung terjepit,ketujuh burung standar akan meminta bantuan mighty eagle.


Julukan         : The Destructor, The one, Earthquake Bird
Kekuatan        : Sangat kuat-gempa Bumi
Ukuran          : Super Besar

Rahasia         : untuk memancingnya, burung merah menyodorkan ikan
                 
sarden setelah diluncurkan dan hancur akan
                 
terlihat bulu berwarna putih

Karakter terakhir yaitu kumpulan babi hijau. Inilah alasan mengapa para burung marah karena mereka sangat licik. Tak hanya mencuri telur, tetapi sebagai orang tua mereka berusaha mendapatkan telur itu kembali.para  babi juga memanggil saudaranya yang berfariasi dan jauh lebih kuat, contoh ; yang kecil lebih gampang hancur, yang lebih besar lebih kuat dalam pertahanan, dan babi yang memiliki jubah memiliki perlindungan terhadap serangan tertentu, babi yang menggunakan mahkota di atas kepalanya memiliki daya hancur yang besar.dan mereka memiliki julukan masing-masing yaitu seperti Small, Mediium, Large, Armored,Mustache, dan King. Dan memiliki kekuatan yang berfariasi.


Dalam game angry birds terdapat hal yang sangat mendukung untuk mengenalkan game angry birds ke masayarakat, smartphone dan ipone adalah kunci untuk membuat terkenal game ini sebab saat game angry birds ini buming smartphone dan ipone juga sedang di gandrungi oleh masyarakat. Game angry birds diperluas konsol video game dan PC .



1 komentar:

  1. Siapa sih yang tidak mengenal game Angry Birds? Hampir semua pengguna smartphone dan tablet pernah memainkan game yang ringan tapi[...]

    BalasHapus