Sabtu, 16 Januari 2016

Flappy Bird


siapa yang tak kenal Flappy Bird? Game yang satu ini memang membuat pemain nya merasa ketagihan. Walaupun puluhan kali, bahkan ratusan kali gagal, Si Pemain tetap saja tertantang untuk terus memainkannya sampai ia benar-benar "Merasa" memenangkan game yang bisa dibilang "Unbeatable" ini. Padahal jika kita lihat Gameplay nya sangat sederhana sekali. Kita hanya perlu mengontrol seekor burung agar bisa melewati pipa hijau dengan cara "Tapping" di layar smartphone.

Game Flappy Bird, game yang mendadak terkenal karena mejengkelkan itu sekarang telah tiada atau mati , dikarenakan ditarik kembali oleh sang pembuatnya.

Dong Nguyen sebagai seorang developer game asal Hanoi, Vietnam awalnya tidak menyangka game buatannya akan menjadi terkenal sampai di banyak negara, tentunya di Indonesia juga.

Namun ternyata, seiring dengan popularitas Flappy Bird yang terus menanjak, Nguyen merasa sangat bersalah dan terpojok yang akhirnya dia memutuskan untuk menarik game tersebut dari iTunes App Store dan Google Play.

Tetapi taukah anda di dalam game Flapy Bird memiliki fakta-fakta unik didalamnya serta Nguyen sebagai sang pengembang.

Pemikiran atau ide pembuatan game Flappy Bird ini bermula pada 6 april 2013, pada awalnya pembuat game Dong Nguyen member nama Flap Flap dikarenakan sudah ada yang menggunakan, akhirnya nama FlapFlap dig anti menjadi Flappy Bird. Nama asli karakter burung yang ada di Flappt Bird adalah Faby. Gambar burung 2 dimensi ini didesain pertama kali pada tahun 2012, game Flappy Bird di buat dalam waktu 3 hari, game ini pertama kali di edarkan secara terbatas pada tanggal 29 April 2013 dalam versi beta, skor tertinggi pembuat game dalam permainan yang di buatnya hanyalah 44, Dong Nguyen mendapatkan banyak tweet pedas dari orang-orang yang kecewa karena selalu gagal memainkan game Flappy Bird tersebut. Dan pada akhirnya Dong Nguyen memutuskan untuk menghapus game Flappy Bird dari peredaran pada tanggal 10 Febuari 2014.

Sebenernya game ini di desain untuk dimainkan dalam beberapa menit saat anda santai. Flappy Bird. Tidak ada celah untuk kesalahan sama sekali untuk game mobile yang satu ini. Mengendalikan ketinggian saja sudah merepotkan, namun berhadapan dengan sistem collision “tidak masuk akal” yang akan membunuh Anda dengan hanya bersinggungan satu piksel dengan setiap rintangan menjadi tantangan yang paling utama. Satu piksel saja yang bersentuhan, Anda akan langsung tewas seketika, dan dipaksa untuk mengulang permainan dari awal. Tidak ada sistem item, atau hal apapun yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan kesempatan kedua. Flappy Bird menawarkan gameplay dan tingkat kesulitan selugas itu.

“Flappy Bird saya desain untuk dimainkan dalam beberapa menit saat Anda santai. Tetapi sekarang Flappy Bird sudah menjadi menjadi masalah karena menjadi game yang adiktif. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah itu adalah menarik Flappy Bird dari peredaran agar hilang selamanya,” kata Nguyen.

Didalam game Flappy Bird ini terdapat komponen atau karakter yaitu seperti penghalang yang dibuat dari pipa yang bias bergerak ke sisi kiri dan akan muncul kembali dari sisi kanan layar, karakter burung yang berada di dalam game bergerak turun secara berkala dan bergerak ke atas saat kita menekan layar atau tombol lainnya. Dan saat burung menabrak pipa maka game akan berhenti dan akan menampilkan score yang di dapat.

Lalu apa sih yang membuat game Flapy Bird mendunia?
1.  Sederhana
Kesederhanaan menjadi  daya tarik tersendiri di sini. Game ini hadir didominasi berbagai  warna seperti hijau, biru, dan kuning. Sangat berbeda dibandingkan dengan game Angry Birds yang memaksimalkan grafis.
2.  Mudah dimainkan
Sebuah game yang mudah dimainkan selalu menarik untuk dicoba saat senggang.
3.  Menyentuh Emosi
Semua kesederhanaan dan kemudahan yang disuguhkan membuat para pemainnya tersentuh emosinya dan kecanduan. Dimana mereka akan merasakan ketagihan bermain dan memilih untuk menamatkan permainan dibanding memilih tidak memainkannya. Flappy bird juga menyentuh emosi dengan cara lain, yaitu dengan membuat kesal pemainnya saat gagal. Kegagalan demi kegagalan akan membuat orang cepat stress, namun tak lama kemudia kembali memainkannya karena penasaran. Kayanya Flappy Bird juga ampuh untuk mengetes dan mengasah kesabaran.

Hal yang mendukung dalam game ini yaitu mudah di pahami untuk memainkan gameini , dan game ini masuk ke App Store pada tanggal 24 Mei 2013, dan hanya iPhone yang dapat memainkannya. Sedangkan untuk Google Play Store, Dong Nguyen baru memasukanya pada tanggal 30 Januari 2014 namun game ini sudah di tarik oleh si pembuatnya sebab si pembuat mendapat tweet yang tidak mengenakan dan pembuat game mengaku game yang adiktif.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar